Sabtu, 03 Desember 2011

Mau fokus saat bekerja?



Kalau anda sedang dikejar-kejar oleh pekerjaan yang memaksa harus bekerja dengan fokus dan penuh konsentrasi agar pekerjaan tsb cepat selesai, tentunya anda butuh situasi yg mendukung kan...?. TAPI sayangnya kadang-kadang itu tidak mudah , hum... katakanlah Telepon berdering, yang membuat kita harus berhenti sejenak dan menerima telepon dsb, dan masih banyak gangguan lain yang seringkali sangat menjengkelkan.

PERNAHKAN ANDA MENGALAMINYA... ? kalo ya pasti tau rasanya.
Di hampir setiap jenis pekerjaan, kita perlu waktu yang sangat-terfokus konsentrasi. Mungkin Anda harus menganalisis beberapa hal yang kompleks, atau menulis laporan penting, atau menyusun presentasi: apa pun itu, Anda harus bisa duduk, tidak terganggu, dan menyelesaikannya.

Lalu bagaimana menghilangkan gangguan2 tersebut atau setidaknya mengurangi ? berikut caranya

1. Tutup Pintu saat bekerja
Oke, yang satu ini hanya bekerja jika Anda memiliki ruang sendiri dengan pintu - tetapi jika Anda melakukannya, maka pastikan menutup pintu ketika memang ingin fokus (jika tidak sibuk jangan ditutup) sehingga orang di sekitar Anda tahu bahwa pintu tertutup berarti mereka hanya boleh mengganggu dalam keadaan darurat.

Menutup pintu juga membantu mengurangi kebisingan dari luar ruangan - dan dapat mengurangi godaan untuk keluar dan berkeliling sehingga dapat tetap di meja dan bekerja.

2. Pakai Headseat atau headphone
Jika Anda tidak memiliki ruangan sendiri , gunakan cara ini untuk mengurangi gangguan dan godaan obrolan temen2 disekitar kita.

Sekali lagi, ini juga membantu mengurangi suara dari luar

3. Katakan "bisakah anda kembali nanti ?"
Kadang-kadang, seorang rekan membutuhkan atensi anda dan itu sah2 saja. Jika ini terjadi ketika Anda ingin fokus, katakanlah: "Aku hanya perlu untuk menyelesaikan ini, bisa Anda datang kembali beberapa menit?"

Mungkin mereka tidak akan keberatan sama sekali, dan mereka pergi dan mungkin akan menemukan solusinya sendiri - sehingga bisa menghilangkan gangguan. Bahkan jika mereka datang kembali, setidaknya sudah menunda interupsi sampai waktu yang lebih longgar.

4. set HP jadi Silent / ke voice mail
Apakah Anda benar-benar harus mengangkat telepon setiap kali berdering? Kita sering berpikir dan kawatir kalau2 panggilan telepon tsb membutuhkan tanggapan segera - tetapi coba bayangkan kalau pesan yang sama datang melalui email, kita mungkin tidak akan menjawab langsung. Jangan bingung urgensi media dengan urgensi pesan.

Biarkan ponsel Anda Silent. jika Anda sedang meeting, Anda tidak akan mampu menjawabnya langsung Jika Anda khawatir tentang kehilangan sesuatu yang mendesak, periksa nama atau nomor dari panggilan masuk -. Dan hanya menjawab jika Anda benar-benar perlu.

5. Matikan YM / Facebook / twitter / skype / ebuddy, dll
he he .. kalo ini kayaknya nggak perlu dijelasin lagi deh..

6. Datang ke Kantor lebih awal
Ini sedikit lebih ekstrim, Jika masih ingin berjuang untuk menemukan cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan Anda, pertimbangkan untuk datang lebih awal. (Atau, jika Anda bekerja di rumah, bangun sebelum anggota keluarga yg lain)

Satu jam tenang, tanpa terganggu adalah hal pertama Anda bisa fokus. Jika Anda bekerja pada tugas besar jangka panjang, silahkan coba prioritaskan jam pertama hari-hari kerja.

source: endanesia.com/index.php?option=com_content&task=view&id=177&Itemid=54

1 komentar: